Makanan khas wonosobo

Makanan khas Wonosobo tidak sedikit diburu oleh wisatawan mulai dari makanan khas utama sampai oleh-oleh khas Wonosobo, andai kita datang ke Wonosobo paling kurang bilamana belum menikmati sejumlah makanan khas Wonosobo. Bagi kamu yang datang ke Wonosobo contohnya Dieng maka bakal kurang andai belum menyantap makanan khas Dieng ini.

Tempat wisata di Wonosobo memang familiar oleh wisatawan baik dari Indonesia bahkan hingga luar negeri, tak tidak banyak pengunjung yang datang ke lokasi wisata ini, terutama area yang sangat terkenal ialah kawasan wisata Dieng, Dieng adalahsebuah dataran tinggi sangat cantik di Jawa Tengah dengan peninggalan dan kebudayaan yang bertolak belakang dari wilayah lainnya.

Apalagi pada ketika acara tahunan yang diselenggarakan di Dieng yakni Dieng Culture Festival dimana seluruh orang hendak mengunjunginya, dimana dalam acara itu terdapat sejumlah ritual dan acara urgen yang diselenggarakan di area Wisata Dieng salah satunya cukur rambut gembel atau masyarakat tidak jarang menyebutnya dengan acara ruwatan, ketika acara itu Dieng dikunjungi oleh jutaan orang untuk merasakan acara tersebut, acara ruwat rambut gembel juga disemarakkan dengan acara Jazz diatas awan, peragaan panggung unik dan pesta pelepasan 1000 lampion.

BACA JUGA : sejarah kopi di indonesia

Makanan Khas Wonosobo Menjadi Wisata Kuliner Dambaan Wisatawan
Setelah kamu menikmati acara tersebut tidak boleh lupa guna menikmati ragam wisata kuliner yang terdapat di Wonosobo, ada sejumlah makanan khas Wonosobo yang melulu ada di Wonosobo saja, mulai dari makanan berat sampai oleh oleh khas Wonosobo yang bisa kamu bawa kembali untuk family tercinta, berikut sejumlah makanan khas Wonosobo.

Mie Ongklok


mie ongklok makanan khas Wonosobo

Mie ongklok adalahmakanan khas Wonosobo yang menjadi ikon utama kota Wonosobo, mie ongklok diciptakan dari mie, kubis, kol, daun kucai dibaur dengan kuah kacang kental berkanji yang biasa dinamakan dengan loh. Mie ongklok ini biasa disajikan dengan sate domba dan pun tempe kemul khas Wonosobo, kesatu kali kita menyaksikan mie ongklok bakal bertanya-tanya dan penasaran bagaimana rasanya, dan ternyata sesudah kita menikmatinya maka bakal ketagihan.

Ada sejumlah warung mie ongklok di Wonosobo yang ramai dikunjungi oleh wisatawan khususnya pada ketika hari libur, mie ongklok ini bakal nikmat bilamana disandingkan dengan sate dan pun tempe kemul, bila kamu datang ke Wonosobo belum merasakan masakan khas Wonosobo ini maka belum menyeluruh wisata kamu ke Wonosobo.

BACA JUGA : penemu kopi didunia

Carica
manisan carica





Carica adalahbuah khas Dieng Wonosobo dan melulu tumbuh di Dieng, urusan ini memang terdengar mengherankan namun urusan tersebut benar adanya, sejumlah orang mencoba menempatkan kembali carica di lokasi lain tetapi yang terbit bukanlah carica tetapi pepaya biasa, carica adalahbuah dalam family pepaya tetapi memiliki format buah yang berbeda, andai kita lihat sekilas sangat serupa dengan pohon pepaya, tetapi buahnya lebih kecil dan bergelombang, rasa buah mentahnya juga bertolak belakang asam pada dagingnya dan manis keasaman pada bijinya.

Di Wonosobo buah carica menjadi oleh oleh khas Wonosobo sangat utama, seringkali dalam format manisan carica yang telah dikemas ke sekian banyak  kemasan mulai dari cup sampai botol, rasanya pun nikmat. Produsen carica di Wonosobo juga tidak sedikit salah satu produsen carica di Wonosobo ialah CV Oafindo yang telah memproduksi carica dan dijual dengan agen diberbagai kota.

https://sejarahkopinusantara.blogspot.com/

Komentar

Postingan Populer